Sejarah Singkat

Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka Presiden Republik Indonesia telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor (PP) 18 Ttahun 2016 tentang Perangkat Daerah pada tanggal 15 Juni 2016.

Sebagai daerah otonomi yang berada di lingkup pemerintah Provinsi NTB maka Pemerintah Kota Bima bersama DPRD Kota Bima membahas Organisasi Perangkat Daerah(OPD) yang baru di akhir tahun 2016. Hasilnya maka lahirlah OPD baru yang bernama Dinas Statistik Daerah Kota Bima yang dibentuk melalui Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bima yang diundangkan dalam Lembaran Daerah Kota Bima tahun 2016 Nomor 183, Tambahan Lembaran Daerah Kota Bima Nomor 88).

Dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kedudukan organisasi serta tata kerja dinas maka Walikota Bima telah mengeluarkan Peraturan Walikota Bima Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Statistik Daerah Kota Bima

Untuk pertama kalinya para pejabat di lingkup Dinas Statistik Daerah Kota Bima dilantik oleh Walikota Bima H.M. Qurais H.Abidin bertempat di Kantor Walikota Bima pada tanggal 6 Januari 2017 menandai era baru statistik sektoral di lingkup pemerintah Kota Bima.